Selasa, 12 Maret 2013

BUPATI TANJAB BARAT SAMBUT KEDATANGAN KUNKER ANGGOTA KOMISI XI DPR RI

Kuala Tungkal - Bertempat di Rumah Dinas Bupati Kuala Tungkal, Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Usman Ermulan, MM Sambut Kunjungan kerja para Pejabat Pemerintah Pusat diantaranya Anggota Komisi XI DPR RI, DIrektorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Keuangan Kementerian Dalam Negeri. 

(04/03/13) Para Pejabat Pemerintah Pusat tiba di Kuala Tungkal Pukul 16.00 WIB yang kemudian disambut dengan Tarian persembahan Sekapur Sirih, pada malam harinya Bupati Tanjung Jabung Barat mengadakan Jamuan makan malam yang dihadiri oleh Forum Kumunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kunjungan kerja para Pejabat Pemerintah Pusat dimaksudkan untuk memberikan sosialisasi persiapan pengalihan Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Pedesaan (PBB-P2) menjadi pajak Daerah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. 

Sosialisasi dimulai Pukul 09.00 WIB. Turut hadir Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Staf Ahli, para Asisten, para Kepala SKPD, para Kepala Bagian Setda Tanjung Jabung Barat, Para Camat, Para Lurah, para Kepala Desa dalam Kabupaten Tanjung Jabung Barat, para Kepala Instansi Vertikal, Pimpinan Perbankan dalam Kabupaten Tanjung Jabung Barat, para Pimpinan Ormas serta Insan Pers dalam Kabupaten Tanjung Jabung Barat. 

Dana perimbangan dan dana bagi hasil pajak Pemerintah pusat yang telah disalurkan kepada Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat selama tahun 2012 terdiri dari, bagi hasil pajak PBB sebesar Rp. 71 Milyar, bagi hasil pajak penghasilan PPh 21 Pasal 25 dan Pasal 29 sebesar Rp. 6 Milyar, bagi hasil Minyak Bumi sebesar Rp. 176 Milyar, bagi hasil gas bumi sebesar Rp. 279 Milyar, dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp. 329 milyar, dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp. 3,7 Milyar. 

Dalam sambutannya Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Usman Ermulan, MM menyampaikan bahwa penerimaan dari pendapatan asli Daerah (PAD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat selalu mengalami peningkatan, peningkatan pendapatan asli Daerah (PAD) dimaksud juga diiringi dengan peningkatan APBD. 

Berdasarkan data sementara realisasi penerimaan PBB-P2 tahun 2012 yang dievaluasi oleh Dinas Pendapatan Provinsi Jambi bahwa Kabupaten Tanjung Jabung Barat dinilai sebagai ranking pertama terbesar persentase realisasi penerimaan yaitu 143,39% dari target sebesar Rp 2,7 Milyar dan terealisasi sebesar Rp. 3,9 Milyar. 

Pada kesempatan sama Bupati mengatakan bahwa dalam rangka persiapan pelaksanaan pengelolaan PBB-P2 di Kabupaten Tanjung Jabung Barat Pemerintah sedang mempersiapkan tahapan-tahapan antara lain, merevisi Perda No. 6 Tahun 2011 Tentang Daerah, Menyusun Peraturan Bupati sebanyak 16 Peraturan Tentang system dan prosedur pemungutan pajak bumi dan bangunan Pedesaan dan Perkotaan yang saat ini sedang dalam proses penyelesaian, mempersiapkan perangkat pendukung berupa komputerisasi dan aplikasinya yang telah dianggarkan melalui APBD Tahun 2013, bekerjasama dengan konsultan sebagai pendamping dalam pengoperasian computer dan aplikasinya, mempersiapkan sumber daya manusia khususnya sebagai tenaga Profesional dalam pengelolaan PBB-P2, bekerjasama dengan KPP Pratama Kuala Tungkal dalam hal akurasi data wajib pajak dan persiapan aplikasi pengalihan dari KPP Pratama Kuala Tungkal kepada Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar