Selasa, 29 Januari 2013

SAMBUTAN KETUA UMUM DHARMA WANITA PERSATUAN PADA HARI ULANG TAHUN KE 13 DHARMA WANITA PERSATUAN TAHUN 2012

SAMBUTAN KETUA UMUM DHARMA WANITA PERSATUAN PADA HARI ULANG TAHUN KE 13 DHARMA WANITA PERSATUAN TAHUN 2012

Yang terhormat, Dewan Penasihat Dharma Wanita Persatuan
Yang kami hormati, Penasihat Dharma Wanita Persatuan
Ketua, Pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan,
serta Hadirin yang berbahagia

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam Sejahtera bagi kita semua,
Puji syukur selalu kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala karunia dan nikmat yang dilimpahkan kepada kita semua. Pada hari ini kita berkumpul untuk HUT Dharma Wanita Persatuan, yang tidak terasa sudah 13 tahun DWP sebagai organisasi isteri PNS turut berkiprah mengambil bagian dalam upaya membangun bangsa.

Apabila kita melihat tugas bangsa ke masa depan adalah membangun masyarakat Indonesia yang tangguh dalam upaya mencapai kesejahteraan dan tanggung jawab kita bersama untuk mewujudkannya. Pegawai Negeri Sipil sebagai aparat pemerintah menjadi pelaksana kebijakan dan program pemerintah mempunyai loyalitas dan dedikasi yang tinggi. Didampingi oleh DWP seharusnya pemerintah dapat terbantu untuk menyukseskan program pemerintah, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terwujud secara adil tanpa disparitas, baik individu maupun golongan.

Dalam upaya tersebut banyak hal telah dilaksanakan oleh DWP sesuai dengan visi dan misi organisasi. Dimulai dengan langkah mempersatukan isteri-isteri PNS dari tingkat pusat maupun daerah di seluruh Indonesia melalui koordinasi dan komunikasi yang terarah, sehingga jejaring organisasi ke masa depan semakin kuat dan kokoh.
 
Program kerja DWP diprioritaskan untuk meningkatkan kualitas sumber daya anggota disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat. Dengan demikian peran aktif anggota semakin jelas, baik sebagai pendamping suami maupun sebagai ibu dan sebagai warga masyarakat yang mengetahui hak dan kewajibannya.
 
Program Millenium Development Goals (MDGs) dengan 8 (delapan) goalnya yaitu eradikasi kemiskinan, pendidikan, kesetaraan gender, penurunan AKI, penurunan AKA, pemberantasan penyakit menular, lingkungan dan kerjasama global, dimana Indonesia ikut meratifikasi, untuk mencapai target pada tahun 2015. Masih ada yang perlu diupayakan dengan sungguh-sungguh agar tercapai di tahun 2015, antara lain angka kematian ibu melahirkan, HIV/AIDs dan akses air bersih serta sanitasi. Upaya tersebut memerlukan pemikiran dan usaha keras dari kita semua. Bapak Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono telah ditunjuk sebagai salah satu dari 3 Co- Chairs oleh Sekjen PBB bersama untuk membahas kepentingan masyarakat global secara berkeadilan. Oleh karena itu kita patut menunjukkan pencapaian MDGs terlebih dahulu dinegeri kita sendiri, yang bertujuan untuk mencapai kesejahteraan yang berkeadilan dengan mengurangi kemiskinan.
 
Hadirin yang berbahagia,
Perserikatan Bangsa Bangsa akan menghimpun berbagai pemikiran untuk mencapai kesamaan pandangan bahwa tujuan dari agenda pembangunan berkelanjutan adalah mengurangi secara signifikan kemiskinan dan diperolehnya keadilan. Pengurangan kemiskinan akan terjadi saat ekonomi tumbuh dengan baik dan tersedianya lapang pekerjaan yang memadai. Lapang pekerjaan dapat diraih seiring dengan situasi kompetisi global saat ini.

Berbicara tentang lahan pekerjaan dan kompetisi global, awal perjuangan dimulai dengan pemahaman Bela Negara yang semuanya berdasarkan pada tingkat kesehatan yang prima, dimana saat cikal bakal generasi muda diwujudkan. Berarti, kaum perempuan mempunyai tugas dan tanggungjawab, untuk melahirkan generasi yang tangguh dengan pemahaman atas pengetahuan kesehatan, arti dari 1000 hari kehidupan dan pendidikan mereka. Kesadaran perempuan tentang kesehatan dan nutrisi, serta pola hidup bersih dan sehat sangat penting untuk membentuk dan membangun generasi muda berkualitas untuk menjadi harapan bangsa. Sebagai mitra kerja pemerintah yang sangat strategis, DWP sudah menunjukkan kinerjanya yang baik. DWP telah melaksanakan sosialisasi program PHBS sebagai bukti kerjasama dengan Kementerian Kesehatan; sosialisasi pemahaman Bela Negara sebagai bukti kerjasama dengan Kementerian Pertahanan; sosialisasi kewirausahaan sebagai bukti kerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM dan kegiatan lainnya sebagai realisasi dari penandatanganan MOU dengan mitra kerja baik pemerintah maupun swasta.
 
Hadirin yang berbahagia,
Hari Ulang Tahun ke-13 DWP mengambil tema ”Optimalisasi Pencapaian Pelaksanaan Program Kerja melalui suksesnya Program unggulan DWP”. Program Unggulan DWP yang dirumuskan pada saat Rakernas DWP bulan Juli 2012 dan disarankan menjadi program pilihan pada saat merayakan HUT DWP adalah : Pemahaman Bela Negara untuk meningkatkan rasa persaudaraan didalam NKRI,
bakti sosial, dan penyulaman tanaman serta pemberdayaan ekonomi keluarga.  

Program unggulan yang merupakan hasil Rakernas DWP bulan Juli 2012 yang lalu, diharapkan dapat terlaksana sampai akhir masa bakti 2009-2014, sebagai pembuktian peran DWP kepada bangsa dengan semangat juang kaum perempuan mengaktualisasikan kinerja dengan optimal. Integrasi program ini merupakan langkah nyata yang diambil oleh DWP untuk menambah daya ungkit dalam mewujudkan impian menjadi pembawa inspirasi dan perubahan untuk menjadi bangsa yang sejahtera lahir batin. Tujuan semua program yang direncanakan oleh DWP, Insya Allah akan terlaksana dengan baik apabila dikerjakan dengan ikhlas, kerjasama yang baik dan partisipasi bersama antara penasihat, pengurus dan anggota DWP pada semua tingkat kepengurusan, bersama para mitra kerja masing-masing.
 
Perlu diketahui bahwa dalam rangka memperingati Hari Ibu ke 84 tahun 2012, DWP merupakan salah satu organisasi yang memprakarsai penyelenggaraan Kongres Nasional Perempuan Indonesia Abad ke 21. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan bersama tokoh perempuan Indonesia dan didukung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Mengakhiri sambutan ini, kami mengajak kaum perempuan umumnya dan anggota DWP khususnya untuk bergandeng tangan bersama-sama membangun semangat juang untuk berkarya di bidang masing-masing.

Dirgahayu Dharma Wanita Persatuan.

Terima kasih
Wasalammu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Jakarta, 7 Desember 2012
Ketua Umum,

Ny. Nila F Moeloek
____________________________________________________________________________________
Disampaikan oleh Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan, Ibu Nila F. Moeloek pada acara Peringatan
Hari Ulang Tahun Dhama Wanita Persatuan Ke-13 Tahun 2012 di Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar